Kamis, Mei 15, 2008

Sehabis Ujian... (bagian 2)

Alhamdulillah. Kini, secara resmi, seluruh ujian yang harus dilalui di sma sudah habis. Bertepatan dengan selasainya ujian akhir sekolah (uas) Selasa, 13 Mei 2008 lalu. Ujian sekolah ini sendiri dilaksanakan selama 2 hari, 12-13 Mei, dan mengujikan mata pelajaran agama islam, kewarganegaraan dan TIK (teknologi informasi dan komunikasi).
Secara mental, ujian sekolah ini bebannya tidak seberat ujian nasional, karena yang menentukan kelulusan ialah sekolah, dengan begitu, insya Allah-lah semuanya lulus dari uas mah! Amin! Hehe..
Tentang tingkat kesulitan soal, sepertinya juga tidak seberat ketika uan yang lalu, bahkan beberapa orang temanku mengaku tidak melakukan persiapan-persiapan khusus (belajar) untuk mengahdapi uas ini. Yah, saya juga mempersiapkan diri ala kadarnya saja, dan alhamdulillah juga di uas kemarin, sebagian besar soal bisa saya kerjakan (insya Allah) dengan benar. Amin!
Bagaimana dengan materi yang diujiankan? Hmm.. untuk ujian agama islam kemarin, yang diujiankan intinya hanya materi-materi kelas 12, dan layaknya ujian-ujian agama islam yang lain, soal-soalnya berkisar tentang pengetahuan tajwid, penggalan ayat-ayat Quran dan hadist sesuai bab yang dipelajari masing-masing dan pertanyaan-petanyaan seputar materi dari masing-masing bab. Dalam ujian agama islam ini ada satu bab yang kurang bisa saya kerjakan dengan baik, yaitu bab mawaris (hukum waris), waduh, di bab ini saya lupa tata cara penghitungannya, padahal rumus-rumusnya lumayan ngerti! Duh, sayang banget!
Bagaimana dengan ujian kewarganegaraan? Hmm.. untuk menghadapi ujian ini saya cuma ngebahas soal-soal kewarganegaraan dari buku latihan soal uan dan uas, yah lumayan lah, soal-soalnya nggak pada jauh beda. Dan kebanyakan soal dari ujian kewarganegaraan kemarin berkutat tentang masalah kenegaraan dan masalah politik. Gitu-gitu aja sih! Hehehe...
Lalu, ujian TIK-nya gimana? Kalo menurut saya, ini baru namanya ujian akhir! Karena materi yang diujikan merupakan materi gabungan dari materi-materi kelas 10-12, jadi soalnya lumayan komplit dari mulai pengenalan komputer, microsot office (materi kelas 10), algortima, flowchart, video editting (materi kelas 11), dan internet (meteri kelas 12). Soal-soal yang diujiankanpun menurut saya tidak terlalu sulit sih, kebanyakan tentang pengetahuan umum seputar materi-materi itu tadi. Yah, mudah-mudahan nilainya lumayan deh!

Kain putih
Setelah uas ini berakhir, ternyata pihak smansa menyediakan selember kain putih, kira-kira dengan panjang 10 meter. Apa fungsi dari kain ini? Yap! Di kain ini, seluruh kelas 12 dipersilahkan menumpahkan seluruh isi hati maupun segala unek-unek, berikut semua keluh-kesah dan harapan setelah melewati semua ujian ini.
Dan, tanpa menunggu perintah, setelah kain tersebut selesai dibentangkan, goresan spidol whiteboard, maupun spidol-spidol lainnya langsung “menodai” kain putih tadi. Seluruh isi hati maupun segala unek-unek, berikut semua keluh-kesah dan harapan dari anak-anak kelas 12 langsung tercurah disini. Ada yang menulis besar-besar tanda-tangannya berikut simbol-simbol yang menujukkan dirinya, ada pula yang menulis-nulis dengan narsis, ada yang ngata-ngatain temen, ngata-ngatain guru, ada yang menuliskan mimpi-mimpinya di masa depan, ada yang curhat, ada yang menuliskan kata-kata mutiara (wes.. gw tuh!), ada yang menulis nama seluruh anggota gengnya, ada yang nulis namanya dan “pasangannya”, dan macem-macem deh! Gambar-gambar nggak jelas dengan maksud-maksud tertentupun ada. Pokoknya, segala unek-unek, berikut semua keluh-kesah dan harapan tumpleg di sini! Oh ya, menurut kabar yang saya dengar, kain putih ini akan disimpan, dan akan dibuka, diperlihatkan lagi saat angkatan bajigur plin-plan ini mengadakan reunian, rencananya tahun 2015 nanti. Amin!

Setelah ujian berakhir...
Yap! Seperti yang saya sebutkan di awal tadi, seluruh rangkaian ujian yang harus dihadapi memang hampir selesai. Un udah, uas dah beres. Tapi ingat, masih ada snm-ptn, dan ujian-ujian masuk universitas lainnya (terutama bagi yang “tempat”nya belum jelas, kayak gw!). Semua belum berakhir, karena sesuai hukum alam, selama kita masih hidup, akan selalu ada pekerjaan baru setalah pekerjaan yang lain kita selesaikan. Jangan sampai kita terlena dan larut dalam kebahagiaan atau duka setelah sesuatu berakhir, selalu ada hal lain yang menanti untuk diselesaikan. Jadi, ayo tetap berjuang! Karena perjuangan kita mencapai mimpi dan cita-cita belum selesai, bahkan mungkin, “pertandingan baru saja dimulai!”
(to be continued...)

3 komentar:

  1. kirain kain putihnya buat.... Yah, pokoknya untunglah ujian dah beres. Tinggal siap-siap ke universitas.. (^_^)

    BalasHapus
  2. oh... jadi kain putih yang ditagih pa dudi buat kain kaffan dibeliin kain buat tanda tangan toh... dikirain gw ...

    BalasHapus
  3. hmm, bukannya kain putihnya diprakarsai sama fsbpp yah? betewe, kain putih yang pas sebelum un diapain tuh? hehe, pastio kenangan yang indah ya nanti pas kita udah jadi orang ngeliat coretan masa sma kita dulu... hahaha..

    BalasHapus