Selasa, Agustus 05, 2008

Sharing Experience

Hwah.. bingung mau nge-post apaan, daripada blog ini lumutan, jadi dalam kesempatan ini saya mau sedikit ber-unek-unek sekaligus sharing saja nih, juga mungkin secara tidak langsung bertanya dan meminta solusi dari masalah-masalah yang saya hadapi selama nge-blog. Hehe..
Selamat membaca dan mohon bantuannya ya!

Kenapa tertarik bloging?
Kenapa ya dulu tertarik buat ikut nge-blog? Yah, bermula di pertengahan tahun 2006 lalu ketika saya mulai berpikir untuk mencoba menjadikan kegiatan ngenet (main internet) sebagai kegiatan yang bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri (ciee..!), dan pada saat bersamaan saya sedang hobi banget baca buku-buku tentang pengembangan potensi diri, motivasi, psikologi, dan buku-buku novel juga cerpen, sampai akhirnya saya pun punya cita-cita untuk juga jadi seorang penulis. Nah, dari keinginan untuk bisa jadi seorang penulis itulah kemudian terpikir untuk membuat sebuah blog, karena “blog” dalam pikiran saya waktu itu adalah sebuah jurnal bebas dimana kita bisa mempublikasikan tulisan apapun tanpa ada yang melarang (uuh..), selain itu saya juga berpikir bahwa blog adalah sarana yang tepat untuk mengasah kemampuan menulis, dan akhirnya lahirlah blog “strike-ardhy.blogspot.com” ini. Hehehe...

Apa manfaat yang dirasakan?
Wah, sepertinya banyak, pertama, ada kegiatan buat ngisi waktu luang! hehe.. meskipun sebaiknya kalo mau jadi seorang penulis handal, menulis itu tidak hanya dijadikan pengisi waktu luang, betul?!
Kedua, dapet teman-teman baru (blogger lain yang kebutan mampir ke blog saya, kemudian kenalan dan tukeran link), lebih kenal dengan teman-teman lama (yang juga blogger) karena dari apa yang saya amati, isi maupun de­sain blog itu akan mencerminkan siapa pemiliknya, bidang keilmuan apa yang ia tekuni, bidang kajian apa yang sangat dia minati, hobinya, kegiatan-kegiatannya dan sebagainya. Dari sini kita juga bisa menambah pengetahuan kita kan? Hehe...
Ketiga, ya... seperti motivasi awal tadi, saya bisa belajar jadi penulis! Kan di blog sendiri mah, boleh nulis apapun sesuka hati, nanti kalo ada yang nanggepin (comment) jadikanlah itu buat kritik yang membangun supaya bisa lebih hebat lagi.. betul?!
Hmm. Sebetulnya masih banyak sih manfaat yang saya bisa ambil dari nge-blog, tapi yah.. slow lah, berjalan seiring dengan waktu saja.. hehehe..!

Kendala Selama Nge-blog (mohon sulusi donk!)
Selama nge-blog, kendala paling sulit saya tanggulangi adalah masalah disiplin, maksudnya disiplin dalam nge-post. Haduh.. membiasakan diri nge-post dalam satuan waktu tertentu sulit juga ternyata, hal ini sangat tergantung dari kondisi dan kesibukan kita sehari-hari (ceu`ilee..). udah gitu tergantung mood juga lagi, beuh! Faktor “ilmu yang bisa dibagi” juga mempengaruhi, bagi saya (beuh!) kalo nggak ada ilmu yang bisa dibagi, jadi males juga nge-post, daripada jadi posting-an “sia-sia”?! Halah! Nggaya banget sih! Hehe...
Terus, masalah koneksi internet juga tuh, apalagi tarif ngenet dari rumah, dial-up, masih mahal! Jadi terkadang harus ke warnet dulu...
Lalu, yang paling menjadi kendala bagi saya adalah, suka nggak pede.. hehe, masih suka nggak pede nih kalo nge-post sesuatu. Yang buat saya nggak pede tu saya masih suka takut kalau-kalau postingan saya menyebarkan ilmu yang salah, sesat lagi menyesatkan, atau takutnya dapet tanggapan negatif atau malah menimbulkan tanggapan negatif untuk suatu hal. Beuh! Ngeri euy! Salah-salah nyebarin ilmu, atau salah memberikan opini tentang suatu masalah, nanti malah menimbulkan keresahan di masyarakat lagi, atau malah nantinya menggaggu stabilitas nasional (lebay) gimana? Beuh..!!

Tapi ya.. kalo dipikir-pikir sih, tidak ada pekerjaan/perbuatan yang tidak punya resiko kan?! Bahkan, semakin berbahaya resikonya, semakin besar menantang dan akan semakin bermakna kan hasilnya?! Betul?! Hehehe... Semangad sajalah! Insya Allah, kalo niatnya baik, caranya juga baik, tidak ada kendala yang tidak bisa diatasi. Betul kan..? Hohohoho...

Ya, semoga posting ga jelas ini bisa bermanfaat buat semua yang membacanya, hehe.. Oh ya, jangan lupa tanggapannya ya! Thanks!
(0805:08.27)

7 komentar:

  1. Menurut gue, manfaat dari ngeblog tuh dapet banyak koneksi. Lewat blog gue di gembili dotcom, gue udah punya kenalan 8 mahasiswa baru ugm dari berbagai daerah. Malah kenal sama anak magister hukum bisnisnya. Ada juga senior gue yang masih di semester 4. Bermanfaat banget kan buat jalin koneksi?

    Dulu waktu masih pake domain gratisan gue juga suka mengabaikan blog gue. Nah, kalo saran gue sih lu beli domain dan sewa hosting aja di... Nanti kan lu ngerasa sayang kalo mengabaikan blog lu... hoho, lagian kesannya lebih profesional gimanaa gitu kalo pake domain berbayar... Udah gitu, kalo pake domain berbayar, lu boleh pasang iklan di blog lu. Gue sendiri udah dapet 20ribuan dari iklan di blog gue... Satu saran gue; JANGAN PAKE JASA DOMAIN DAN HOSTING DARI NICSPACE.COM OK?
    Dulu, waktu masih awal ngeblog gue biasa sadis. 40-an pos dalam satu bulan. Gileee... sekarang udah mulai rasional, paling seminggu sekali ngepos. Emang gak usah banyak-banyak ko...
    yang terakhir, lu mesti mengembara di blogosphere dong. Jangan kae katak dalam tempurung, bikin pos terus tapi gak mau baca pos orang lain dan komentarin... Itu kuncinya ngeblog di...

    BalasHapus
  2. assl

    halexblue:
    hehe.. oke deh, gw coba saran lu..
    thanks ya! smoga suskes! smoga blogny makin sering dikinjungi..
    hohoho...

    wass.

    BalasHapus
  3. Slow aja cuy, gw juga ngepost ga tentu...

    BalasHapus
  4. Ah setuju... jangan NICSPACE. sekali lagi.. jgn NICSPACE kalau mau beli domain dan host. saya masih kejebak sih domainnya di Nicspace tp hostingnya dah pindah/. hohohoho

    Aku ama Halex sama2 merasakan kepahitan yg sama. U serach ttg "review nicspace" di google , curhatan kami nongol dah weheheh

    Btw salam kenal yah ^^

    BalasHapus
  5. ngepost tergantung mood...

    heeeeeeeee....

    BalasHapus