Minggu, Agustus 03, 2008

Pembekalan Dunia Kampus dengan IT...

Alhamdulillah, ternyata di smansa itu banyak orang baik. Buktinya, Aa-Teteh dari angkatan yang sudah lulus (alumni) lebih dulu dari saya masih rela mengadakan suatu acara bertema pembekalan dunia kampus (kuliah) kepada kami, angkatan yang baru saja lulus, Bajigur plin-plan! Ya! Nama acaranya IT, Integrated Training!
Nah, melalui tulisan ini saya akan berbagi cerita mengenai acara yang diadakan Sabtu-Minggu, 26-27 Juli 2008 di Saung Wira, Ciawi, Bogor. Selamat membaca!

Integrated Training

Secara harfiah, integrated training berarti pleatihan secara terpadu. Jadi dalam acara ini kami, para peserta, tidak hanya mendapat materi pembekalan kehidupan kampus tapi juga tentang tarbiyah dan tentang Forkom Alims. Dengan ditambah acara muhasabah yang kotor-kotoran, game-game yang melatih kerjasama serta kekompakan dalam tim, juga acara yang menjadi acara inti bagi peserta ikhwan, main bola, acara ini meninggalkan kesan tersendiri bagi kami yang mengikutinya (halah!). Pokoknya, seru lah! Nggak nyesel ngerogoh kocek Rp.15.000 di tengah hiperinflasi yang sedang melanda Zimbabwe saat itu. (lho?! Apa hubungannya..??)
Supaya tulisan ini juga dapat berbagi ilmu, berikut sekilas materi-materi yang disampaikan dalam IT;

Pembekalan Kampus
Yap! Inilah materi paling ditunggu oleh saya, pembekalan tentang kehidupan kampus. Secara gitu waktu itu saya masih blank tentang kehidupan kampus karena belum pasti bakal kuliah di mana (kan waktu itu masih nunggu pengumuman snmptn), sementara sebagian besar teman yang ikut tu yang udah keterima di beberapa PTN negeri top di Indonesia dan sudah ada kegiatan-kegiatan seperti pra-ospeknya gitu..
Dan dari pemberian materi “Pembekalan Kampus” ini dapat saya simpulkan bahwa kehidupan kampus itu berbeda dengan kehidupan SMA. Baik dari sisi kehidupan akademis maupun kehidupan sosial sebagai mahasiswa. Dari segi akademis perbedaan terletak di sistem pendidikan, karena di kampus nanti sistem yang dipakai itu sistem SKS, sistem kredit semester, seperti apa penjelasannya? Di lain waktu aja ya.. hehe..
Bagaimana dengan kehidupan sebagai mahasiswa? Hmm.. mungkin ini yang perlu diwaspadai. Dengan makin luasnya pergaulan dan makin beregamnya sifat, perilaku, dan latar belakang kehidupan teman-teman kita nanti, maka alumni pengisi materi tentang kehidupan kampus ini, A’Fahmi kalau tidak salah namanya, berkata “Bohong bila jati diri ditentukan waktu SMA! Jati diri kalian yang sesungguhnya akan terbentauk nanti, di kampus kalian!” beuh..! Kemudian ada satu prinsip penting yang harus kita pegang teguh dalam bergaul di dunia kampus nanti, “berbaur tapi tidak melebur”, maksudnya bergaulah dengan siapapun tanpa pandang bulu, tapi jangan sampai kehilangan identitas baik atau nilai-nilai positif yang sudah kita pegang sebelumnya. Jangan sampai kita ikut gila karena kita juga bergaul dengan orang gila, begitulah kira-kira...
Lalu, masih tentang kehidupan kampus, A’Fahmi juga sedikit menjelaskan tentang kehidupan ekstrakulikuler di kampus pada umumnya, karena biasanya di tiap fakultas itu berbeda-beda. Seperti, kalau di kampus itu OSIS-nya barwujud BEM (badan eksekutif mahasiswa) lalu kegiatan ekstrakulikuler seperti yang ada di sma di kampus namanya jadi UKM (unit kegiatan mahasiswa) dan HIMPRO (himpunan mahasiswa profesi). Bedanya UKM dengan HIMPRO apa? Ya... himpro itu bisa dibilang kegaitannya lebih ke arah profesi-profesi tertentu di masyarakat yang sesuai dengan fakultas di mana kita berada. Getoo...
Oh ya, yang juga perlu diperhatikan dalam kehidupan kampus ialah tentang terdapatnya berbagai ideologi-ideologi maupun aliran-aliran dari ajaran tertentu yang dikhawatirkan menyimpang dari kaidah yang seharusnya. Untuk masalah ini kita harus berkonsultasi dengan mentor, guru agama, atau orang yang kita yakini pemahaman agamanya baik dan tidak akan menyesatkan kita. Jadi, wapadalah..! semoga Allah selalu melindungi kita..

Materi lainnya...
Waduh... sebenernya masih ada materi lain yang disampaikan dalam IT ini, yaitu tentang tarbiyah dan Pengenalan ForkomAlims, namun karena mentok dengan dateline (halah!) sepertinya hanya tentang pembekalan kampus saja yang bisa saya ceritakan dalam kesempatan ini. Untuk materi tarbiyah mungkin akan saya coba kaji lagi dan saya tuangkan dalam blog ini di kesempatan lain. Sementara tentang Forkom (lengkapnya Forkom Alims), saya ceritakan secra singkat saja bahwa fokom ini adalah Forum komunikasi dari alumni smansa Bogor yang bergerak dalam bidang pembinaan keislaman bagi siswa-siswi smansa dengan tujuan terwujudnya kehidupan yang islami di smansa Bogor melalui kegiatan-kegiatan seperti mentoring, IT, dan berbagai kegiatan pengembangan diri dan wawasan keislaman lainnya.

Aah... sekian dulu ya!
Wassalamualaikum.
(23.15_080802)

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ardhy, alumni smansa mana?
    Semangat selalu, Allahu Akbar!

    BalasHapus
  3. woy


    ceritaib lebih detail donk...


    gw kan mo tw IT tuh kaya gmn...

    BalasHapus
  4. assl,

    nur adhi:
    smansa bogor dunks!! Allahu Akbar!!

    qie:
    ehe, sori bro, fokus ane bukan nyeritain kegiatan, cuma mo sharing materi yg disampaikan.. hehe..!!

    wass.

    BalasHapus