Sabtu, Februari 02, 2008

PDCA dan BISA!!!

Apa yang mau saya sampaikan melalui kesempatan ini cuma sedikit saja tentang apa yang disam­paikan mentor saya, a’Andry, dalam kesempatan mentoring tanggal 25 Januari 2008 lalu. Dalam kesempatan tersebut, meskipun saya sendiri cuma ikut sebentar, gara-gara harus menyelesaikan suatu tugas bahasa indonesia terlebih dahulu, ada sedikit ilmu yang sepertinya sangat bermanfaat, ini dia;

PDCA
Kali ini a’Andry, yang kuliah manajemen ekonomi di suatu perguruan tinggi kedinasan di Jakar­ta ini membagikan suatu rumus tentang membuat perencanaan. Perencanaan apa?! ya merencanakan apa saja yang kira-kira perlu direncanakan! Misalnya masa depan, merencanakan tercapainya cita-cita, dan untuk merencanakan bisnis juga bisa. Banyak deh...
Rumusan untuk membuat perencanaan ini adalah PDCA, apa itu? Ini dia;
P = Plan.
Pertama, buatlah sebuah rencana tentang apa yang ingin kita raih, susun rencana itu dengan baik. Dari mulai target, sampai usaha-usaha yang kiranya harus dilakukan agar rencana tersebut bisa terwujud.
D = Do.
Ya! Jalankan rencana tersebut! Suatu rencana tidak akan membuahkan suatu hasil apapun, kecuali dia dieksekusi!!! Ayo, lakukan sekarang juga!! Buat apa menunggu lagi?!
C = Check.
Setelah kita melaksanakan apa yang kita rencanakan, mari kita lakukan evaluasi (check). Untuk menilai sejauh mana kita telah melangkah, apa yang sudah kita raih, apa ada yang tidak sesuai dengan rencana kita, atau apa rencana kita belum berhasil, impian kita maih juga belum terwujud? Nah, maka dari itu, kita evaluasi untuk menemukan solusinya!
A = Action!
Nah! Setelah kita mengevaluasi dan mendapatkan solusinya, kita perbaiki usaha kita tadi sesuai dengan solusinya! Kita perbaiki kesalahan kita, dan kita lanjutkan usaha kita! Jangan pernah putus asa, jangan pernah menyerah, berjuangalah sampai titik darah penghabisan!!!

BISA!!!
ini bukanlah racun ular, ataupun iklan suatu minuman energi. BISA di sini adalah suatu slogan yang digunakan a’Andry untuk menyemangatinya ketika menghadapi ujian di kuliahannya, apa itu bisa?
Belajar
Itu
Sangat
Asyik!!!
Hehe... kreatif juga ya! Dengan BISA ini, inysa Allah akan menimbulkan suatu sugesti/mindset positif dalam otak kita agar belajar tidak berkesan sesuatu yang memberatkan. Dan mudah-mudahan kita bisa lebih menikmati pelajaran dengan ini. Humm... yummy!
Berarti, mulai sekarang apapun yang akan kita pelajari awali dengan basmalah dan BISA!!! Hwehehe...

Motivasi
Yang ini sedikit tips untuk memotivasi diri sendiri, yaitu;
· Pikirkan apa yang terjadi seandainya impian kita tidak tercapai!
· Pikirkan rasa sakit yang mungkin akan kita rasakan seandainya kita tidak berhasil mewu­­jud­kan mimpi kita!
Menurut diriku pribadi, tips ini bisa jadi sangat efektif, pengalaman pribadiku pernah membuktikannya. Meskipun menurutkutips ini bagaikan punya “2 mata piasu”, tapi, anggap saja tips ini sebagai penyemangat/motivator bagi kita karena kita tidak mau mengalami sesuatu yang menyakitkan karena kegagalan. Contoh kasusnya begini, pikirkan bila kita tidak lulus ujian, apa yang akan terjadi? Kita akan merasa malu, minder, ortu kecewa, sedih, dll. Dari situ, berusahalah semaksimal mungkin agar skenario terburuk itu tidak terjadi. Kita ingin orang-orang di sekitar kita bahagia bukan?! Jadi, janganlah malas untuk berusaha keras!!! (sebuah renungan juga untuk diri ini...)

2 komentar:

  1. Ajarin bikin artikel yang bagus dong... :P

    BalasHapus
  2. asslmlkum..
    ardhy,

    upz,
    kmu rjin y n bae pula tmn..

    klhtn kmu itu sk bgi2 ilmu y..
    artikel'a okz bgt

    oia,
    ajarin bwt blog n artikel jg dunx..he7

    n_n

    BalasHapus