Senin, Februari 25, 2008

Ikutan Bedah Kampus UI...

Minggu, 24 Februari 2008. Pada hari Minggu ku tidak turut ayah pergi ke Tasik, malah aku cabut naik kereta ke Depok... Hwahaha... Yap! hari minggu tanggal 24 lalu di UI (Universitas Indonesia) diadakan acara bedah kampus, yang ngadaian kalo nggak salah tu BEM Kampus-nya. Acaranya ya.. gitu, intinya memperkenalkan fakultas-fakultas apa saja yang ada di UI.
Nah, Pada kesempatan ini akan kucoba ceritakan apa saja yang kualami di minggu "naas" tersebut.

Dari Stasiun Bogor...
Gw berangkat dari stasiun Bogor kira-kira jam 10an. Keretanya agak kosong, jadi bisa duduk deh... Asyik! Mumpung dapet tempat duduk sambil nunggu kereta berangkat gw baca sebuah buku, buku apa? Ntar di kesempatan lain gw ceritain tu buku. Oh ya, berangkat sama siapa gw? Sendiri! Ini dia mengapa gw sebut hari itu (agak) naas, gw berangkat ke suatu tempat yang belum pernah gw kunjungi sebelumnya, sendirian! Parah, sangat beresiko, tapi seru! Hwehe... Kenapa bisa sendirian? Yah, temen-temen gw gw ajak ikut nggak ada yang mau... ya sudah... Tapi, tentunya gw nggak berangkat dengan bener-bener buta arah, ga tau harus kemana, ada persiapan sedikit lah, malam sebelumnya gw dah nanya ke salah satu mentor yang alumni UI, A' Rama, kata beliau, turunnya di stasiun Pondok Cina.

Sampe di UI...
Alhamdulillah, meskipun baru pertama kali, tapi gw ga nyasar... Hwehehe... Dari Stasiun Pondok Cina, jalan sedikit, sampailah di UI. Yang pertama kali terlihat ialah sebuah danau, danau yang juga jadi ciri khas dari UI, dari situ juga terlihat menjulang gedung rektorat (kalo ga salah) yang juga jadi ciri khas dari UI. Gedung ini cukup tinggi, kalo gw lihat seperti tersusun seperti 5 gedung yang digabung jadi satu. Dari situ, gw langsung menuju balairung tempat acara utama digelar. Di luar balairung, gw ketemu anak smansa lain, banyak malah, mereka jalan dalam suatu rombongan, 4-5 orang. Ketika ketemu sama gw, salah seorang diantaranya bertanya, "baru nyampe? ke sini sama siapa lu?", gw jawab "sendiri", kemudian yang lain menanggapi, "ih.. males banget, kayak anak ilang aja lu..." Kalo dipikir-pikir, iya juga sih... hehehe... Tapi, yang penting gw tetep menikmati. Hwahaha!

Bedah kampusnya nih...
Nah, ini dia, acara intinya, yang membuat gw rela bayar 20ribu buat tiket masuk dan menempuh resiko dengan pergi sendirian ke tempat yang bagi gw masih asing (lebay...). Langsung aja deh, gw bahas stand-stan fakultas dan jurusan yang gw kunjungi di Bedah Kampus ini. Di sini target gw menemukan stand fakultas Psikologi, fakultas dimana gw ingin melanjutkan kuliah nanti, meskipun belum tentu juga gw milih yang di UI. Yap! ketemu! tapi sayangnya penuh... Sebenernya semua juga penuh sih, cuma, saat itu bener-bener ga ada ruang buat gw nyempil. Akhinya ke stand yang lain dulu.
Muter-muter, dikasih brosur dari fakultas ini itu, tapi akhirnya pertama-tama gw singgah di standnya fakultas Arkeologi. Wuih, ada prasastinya bro! Kayaknya beneran tuh, prasasti apa ya? Lupa namanya, tapi, sepertinya dari kerajaan Tarumanegara (sok tau...). Minta brosur, kemudian nguping pembicaran si mbak yang jaga stand dengan pengunjung yang lain, bisa gw simpulkan, bahwa sebenarnya saat ini Indonesia lagi butuh ahli-ahli arkeologi untuk menggali lebih dalam bukti-bukti kebudayaan dan peradaban Indonesia dari masa lampau, soalnya, ternyata penulis-penulis dan penjelajah-penjelajah samudra dari eropa banyak lho yang menyimpan catatan tentang Indonesia. Ooo....
Setelah itu gw singgah di sastra Jepang dan sastra Jerman, dari kedua stand itu, selain dapet brosur, gw juga (baru) tau kalo fakultas sastra itu ga cuma belajar bahasa negara yang bersangkutan, tapi juga budaya , sejarah dan kehidupan sosial masyarakatnya, trus, beberapa siswa terbaik dari sastra bakalan dikirim buat pertukaran pelajar ke negara yang bersangkutan! Uoo... Seru juga sepertinya! Oh ya, di stand sastra Jerman gw ketemu alumni smansa, ga tau siapa namanya, dia angkatan Borok, anak sastra Jerman UI, dia cerita katanya dosen-dosen dia itu, yang laki-laki gayanya mirip Pak Soleh, dan yang perempuan mirip Ibu Lelly (2 orang guru "kebanggaan" smansa yang pasti paling diinget sama anak-anak smansa, hehe...). Hwahaha... Harus siap mental kalo masuk sini...
Trus gw nyasar ke stand Kriminologi. Apa yang gw dapet di sini? Brosur! Tepat sekali! Ya, selain itu, gw juga dapet info-info tentang fakultas ini, 2 diantaranya ialah perbedaan antara kriminologi dengan fakultas hukum, dan ternyata kriminologi UI itu satu-satunya fakultas kriminologi di Asia Tenggara! Wah, hebat juga ya! Lalu, perbedaan kriminologi dengan f.hukum itu, ternyata dari sudut pandang dalam menyikapi suatu tindak kriminak yang terjadi. Kalo hukum, dia menyikapi dengan pasal apa tersangka ini harus dijatuhi hukuman, sedangkan kriminologi, berpikir mengapa hal tersebut bisa terjadi, trus gimana seharusnya biar si pelaku jera, atau kejahatan serupa tidak terulang, gitulah kiranya..
Tidak terasa waktu zuhur dan makan siang tiba, gw keluar area stand, woo... ternyata di luar hujan! Ga terlalu deres juga sih. Dari situ gw langsung cari mushola, sholat terus makan. Ga tanggung-tanggung, ternyata buat makan (ayam bakar + teh botol) doang, dah habis 16ribu! Naas betul... Tapi ya, wajar juga sih, lagi ada acara seperti itu, harga-harga jadi mahal, ya sudahlah...

Akhirnya...
Akhirnya, bisa juga gw ikut nimbrung di stand psikologi UI, hweh... Apa yang gw dapet di sini (selain brosur)? Banyak lho! Si mas-mas yang jaga standnya, menjelaskan kalau masuk mau masuk psikologi UI bisa lewat SPMB, Program Pemerataan Kesempatan Belajar, Kelas Internasional, program ekstensi (untuk yang sudah lulus sma lebih dari 3 tahun, tidak ada batasan umur!) dan lewat pintu depan...(garink!). Lalu, ada yang nanya, apa bedanya psikolog sama psikiater, apa hayo! Jangan kira itu sama, beda lho! Jadi psikolog itu dasar ilmunya (s1) psikologi, trus s2nya ngambil magister psikolog, sedangkan psikiater itu dari kedokteran, yang kemudian buat s2 dia ngambil psikologi. Beda kerjanya gimana? Secara kasarnya sih, psikiater selain ngasih konsultasi psikologis bisa juga membantu kliennya dengan resep-resep obat, atau rekomendasi medis lainnya, kalo psikolog tidak (kalo ga salah...). Trus di psikologi kita belajar bakal mempelajari apa saja? Hmm, psikologi yang bakal dipelajari nanti terbagi dalam 6 bidang utama, yaitu, psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan,psikologi medis, trus apa ya?! Wah, lupa gw satu lagi... Ntar gw cari tau lagi deh. Psikologi perkembangan itu mempelajari tentang perkembangan manusia dari mulai bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga tua, dengan masalah-masalah psikologis apa saja yang timbul dalam fase-fase perkembangan tersebut. Lalu, psikologi pendidikan itu belajar tentang cara belajar yang baik, kondisi seperti apa yang bisa membuat kita belajar dengan baik, dan lain-lain, pokoknya berhubungan dengan pendidikan, jadi, mungkin yang dipelajari mirip dengan yang ada di buku Quantum Learning (dah pernah baca belum?) gitu... Kalo psikologi industri dan organisasi, kalo nggak salah tu belajarnya lebih ke human resources development, makanya lulusan dari bagian ini banyak yang kerja di bagian personalia dan HRD dari suatu perusahaan. Yang lain, wah, belum terlalu tau saya, kemarin itu cuma dengar penjelasan yang itu, hehehe...
Trus, akhirnya gw yang nanya ke si mas-mas itu, keunggulan fakultas psikologi UI dibanding fakultas psikologi yang lain apa? Yap! dengan bangga si mas menjawab, "Psikologi UI itu salah satu fakultas Psikologi tertua di Indonesia, jadi pengalamannya udah banyak, dan kualitasnya udah bagus, perpustakaan f.psiko UI juga yang terlengkap di Indonesia, bahkan orang-orang dari fakultas piskologi lain juga sering datang nyari referensi di perpusnya psiko UI lho..." Wah, berarti ini salah satu fakultas psikologi terbaik di Indonesia, bersyukur banget nih kalo bisa masuk sini... (Amin, Kalo ga lulus UM-UGM (mudah-mudahan tidak terjadi), gw coba daftar spmb ke sini ah, mudah-mudahan keterima di salah satunya, Amin...)
Hmm... ceritain apa lagi ya? Oh ya, display fakultasnya! Yang display 5 orang cowok, yang unik, displaynya bukan talkshow, tapi sulap garink! Dengan trik-trik yang garing dan mudah ditebak, saking garingnya penonton ketawa semua! Tapi, tetap ada talkshow menjelaskan fakultas psikolgi juga akhirnya, pembicaranya ketua BEM-Psikologi, dan ganyangka gw, ternyata orangnya garing juga... Hwaha, kayaknya asik nih, kalo masuk sini gw, bakalan ketemu banyak orang garing.. hehe! Oh ya, dari 5 cowok yang display ada satu yang keriting mirip Andy (dalam Kick Andy) trus ada juga yang mirip Mario Teguh, tau kan, pembicara utama suatu acara motivasi di O'Chanel, dan dia, yang mirip Mario Teguh ini, selalu berkata, "...Salam Super..."
....
to be continued...

3 komentar:

  1. oh sastra jerman ya, ketemu sama Nanto ya?

    Kok kampus dibedah-bedah, pake pisau macam mana pula itu

    BalasHapus
  2. gw jg dateng loh, tp yg hari Sbatu!!
    Sumpah rame bgt udh ky audisi aj!! mpe jam 11 an pun masih antre!!
    sukses yo....

    BalasHapus
  3. ooh lo udh 19 thun ya?
    pantesan aj kok Bedah Kampus UI thun 2008, hehe, salah deng, gw yg tahun ini nya, hwahahahah

    BalasHapus