Minggu, Januari 20, 2008

Review BOM WAKTU

Review BOM WAKTU

Sebelumnya mau ngucapin terima kasih banyak pada aa, teteh angkatan BOROK smansa yang sudah menyelenggarakan acara BOM WAKTU (BOROK on the move wanna talk about university) spesial buat angkatan BAJIGUR PlinPlan yang insya Allah tahun ini lulus dari smansa. Amiin...
Insya Allah, acara pengenalan universitas dan fakultas-fakultasnya ini telah membuat kami (gw dan anak anak BAJIGUR PP lainnya) makin luas wawasannya tentang dunia perkuliahan, dan makin memantapkan pilihannya untuk memilih tempat melanjutkan studi setelah lulus SMA nanti, insya Allah. Semoga kebaikan aa, teteh mendapat balasan dari Yang Mahakuasa. Amin.
Tulisan ini akan mengulas tentang apa yang terjadi selama BOM WAKTU berlangsung (meskipun gw ga ikut ampe abis, jam 1 dah pulang, hehehe...) dan tentang fakultas psikologi, fakultas yang gw minati untuk melanjutkan studi selulus SMA nanti, insya Allah.

BOM WAKTU
Yap! Seperti semua acara yang diselenggarakan oleh smansa, semua diawali pembacaan ayat-ayat cinta, eh, ayat-ayat suci Al-quran, kemudian dilanjutkan oleh sambutan-sambutan dari orang-orang penting dalam acara tersebut, ada a’Rezano sebagai ketua panitia cara BOM WAKTU, a’ siapa gitu... sory, lupa namanya (hehe...) sang ketua angkatan BOROK, dan ada pula Pak Basuki selaku pembina kesiswaan yang datang mewakili kepala sekolah yang berhalangan hadir. Saya kurang begitu ingat apa yang dikatakan oleh a’Rezano dan aa’ yang satunya, yang jelas mereka berterima kasih pada panitia yang telah bekerja keras dan angkatan bajigur sebagai peserta yang merespon positif acara ini. Sementara Pak Bas mengingatkan kita untuk tidak melupakan ujian penting lainnya yaitu Ujian Nasional yang menentukan lulus tidaknya kita dari sma nanti. Yah, ujian akhir tahun ini memng berbeda dari tahun sebelumnya. Jiak tahun sebelumnya mapel yang diujiankan ada 3, tahun 2008 ini kita punya 6 mapel untuk diujiankan.
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengenalan sekilas tentang fakultas-fakultas yang ada di ptn di indonsesia, meskipun tidak semuanya. Kemudian acara berlangsung dengan sebuah talkshow tentang memilih jurusan kuliah dengan pembicara mbak Rere, alumni smansa juga tahun 2004 (kalo ga salah) yang kini menjadi salah seorang mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (semoga gw bisa masuk sana juga. Amin ya robal alamin..). Pembicaraa utama dalam talkshoe ini adalah tentang minat dan bakat. Lebih penting mana minat atau bakat dalam menentukan pilihan jurusan di ptn nanti? Atau lebih penting peluang kerjanya? Suatu pertanyaan yang banyak menghiasi dan menjadi sebuah problema bagi sebagian anak kelas 12. (lebay ga ya, ni pendapat?!)
Bicara soal minat dan bakat, mbak Rere ini menjelaskan bahwa minat gampangnya adalah sesuatu yang kita minati, dan kita sukai. Sementara bakat itu seperti modal potensi dalam diri setiap orang yang merupakan bawaan lahir, atau bisa juga merupakan hasil bentukan dari lingkungan. Lebih penting mana. Bakat atau minat? Utnuk persoalan ini mbak Rere menjawab bahwa minat dan bakat itu saling berkaitan. Sesorang mungkin tidak bakat dalam menggambar, tapi apabila ia suka dengan bidang itu, mengkin saja ia akan belajar menggambar juga sampe jago, dan tidak kalah dengan yang punya bakat. Kembali ke soal pilihan jurusan di ptn, dan kaitannya dengan minat, bakat, dan peluang kerja, saya menyimpulkan bahwa menurut mbak Rere, minat dan bakat itu penting! (kerutama minat) Karena kedua hal itulah yang akan membuat kita bisa bertahan dan menikmati 4 tahun menuntut ilmu di kuliahan nanti, dan menghasilkan suatu kemampuan yang akan membuat kita mampu bersaing di dunia kerja nantinya setelah lulus. Sementara untuk peluang kerja, yah, yang satu ini memang penting juga untuk dipertimbangkan, namun apabila tidak sesuai minat, tetap saja kita tidak akan enjoy dengan studi kita, dan bisa-bisa kita malah gagal dalam kuliah, dan justru tidak mendapatkan kemampuan apa-apa untuk bekerja. Nah lho! Sayang kan?!

Fakultas psikologi
Setelah taklshow berakhir, acara dilanjutkan dengan “membiarkan” masing-masing peserta mendatangi stand-stand dari fakultas-fakultas yang tersedia (ikut di acara ini maksudnya) seperti fakultas tehnik (kimia, fisika, industri, mesin, penerbangan, sipil, informatika, arsitektur, apa lagi ya?), fakultas kedokteran (manusia dan gigi), fakultas seni rupa dan desain, fakultas hukum, fakultas ekonomi (menejemen, ilmu ekonomi, dan akuntansi), fakultas ilmu komputer, fakultas-fakultas dari IPB (stand-nya sendiri bernama stand IPB), fakultas MIPA, fakultas psikologi dan, apa lagi ya?! wah ga inget nih... hehe.. oia, pemilihan fakultas-fakultas dan jurusan-jurusan yang nongol pada acara ini berdasarkan poling yang sebelumnya telah disebarkan, dan berdasarkan jurusan-jurusan dimana orang-orang angkatan borok tersebar.
Begitu gw (dan para peserta lainnya) “dilepas” untuk mengunjungi stand-stand sesuai jurusan yang diminati, gw, meskipun agak sedikit ragu-ragu, berjalan menuju stand fakultas psikologi yang terletak di sebelah kiri tangga ke lantai 2, (ruang 12ipa7). Dan, seperti yang gw perkirakan, gw satu-satunya cowok yang mengunjungi stand tersebut. Huh! Selain gw ada sekitar 10 orang “wanita” dari angakatan bajigur yang ikut mengunjungi stand psikologi ini. Eh, ternyata gw gak sendirian, ada cowo juga dari angkatan borok yang udah lebih dulu masuk fakultas psikologi, Opi apa ya namanya? Lupa gw! (duh, masih muda gini ko’ dah pikun..?!), dia sempet berkata, “di psikologi harus terbiasa sama cewe, soalnya perbandingan cowo ama cewe-nya 1:5 (satu banding lima)!”. Astaghfirullah! Tapi, asik juga sih kayaknya, soalnya dengan begitu, mungkin satu cowo di sana akan dikecengein sama lima cewe sekaligus! hwehehe... Kembali ke stand fakultas psikologi, teteh-teteh dan 1 aa (si Opi tadi) menjelaskan kepada gw dan 10 orang cewe yang punya minat sama dengan gw, tentang apa itu psikologi, apa saja yang dipelajari di sana, apa perbedaan fakultas psikologi di suatu universitas dengan yang di universitas lainnya, bagaimana keadaannya, bagaimana dosen-dosennya, bagaimana kampusnya, dsb. Wah, kayaknya perbedaan-perbedaan ini gw ceritain di lain kesempatan aja ya! Dah sore nih, mau mandi gw! Oia, tadi gw sempet juga nimbrung di stand fakultas seni rupa dan desain, di sana kayak gimana? Gw ceritain nanti aja dah! Oke!
Yang jelas melalui tulisan ini, gw mo berterima kasih aja kepada aa dan teteh angkatan borok yang udah membantu kami mempersiapkan masa depan kami. Semoga apa yang aa, teteh lakukan dicatat sebagai amal baik, dan Allah membalasnya dengan yang lebih baik, Amin...

Bersambung....

Di tulisan selanjutnya (Review BOM WAKTU (II)) insya Allah gw ceritain lebih jauh tentang apa yang gw dapet di stand fakultas psikologi dan kenapa gw ingin masuk sana (meskipun sebagian besar penghuninya perempuan) dan peristiwa-peristiwa unik lainnya di acara BOM WAKTU. Ok!

3 komentar:

  1. @ endra : si Opi dateng kok

    btw nama aa satu lagi itu Uta atau nama lengkapnya Dwi Putra Halim skrg FK Unsoed...

    BalasHapus
  2. bajigur plin-plan bikin acara kae gini juga ga?

    cie cie... jadi masuk psiko ui nih.. banyak cewe gak di? ehehehe.. :D

    BalasHapus