Sabtu, Januari 19, 2008

Sukses dengan GAUL!

Hehehe... Judul yang bagus kan?! Pasti anda tertarik sekali untuk membaca tulisan ini... Buktinya kau mau ngebuka blog ini... Hwahaha!!

Yap! GAUL yang saya maksud di sini adalah sebuah rumus, atau bisa juga dibilang rangkaian tips untuk mencapai kesuksesan atau bisa juga untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita. Mau tau apa itu GAUL? Ini dia;

  • G = miliki Gambaran besar, atau gampangnya, milikilah sebuah mimpi! Sebuah mimpi yang akan kita perjuangkan dengan sepenuh tenaga, daya dan upaya untuk mem­buatnya terwujud! Karena, bisa dibilang orang besar itu lahir dari mimpinya yang besar. Kita ambil contoh mantan presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, beliau ini semenjak remaja punya mimpi untuk menjadi seorang presiden, sampai-sampai di kamarnyapun tertempel foto gedung putih (istana negaranya amrik). Dan akhirnya iapun berhasil menjadi orang no.1 di negara adidaya itu, sesuai dengan mimpinya. Hebat bukan?! Jadi, ayo pikirkan sebuah mimpi, pikrkan cita-cita anda mulai dari sekarang, dan bersungguh-sungguhlah untuk membuatnya menjadi sebuah kenyataan!
  • A = Aktivitas yang mendukung. Yap, singkatnya begini, jika anda mempunyai mimpi untuk menjadi sebuah pengusaha roti misalnya, apakah aktivitas-aktivitas seperti pacaran, dugem, ataupun nge-drugs, itu mendukung anda untuk mencapai impian anda menjadi seorang pengusaha roti? Jika tidak, buat apa dilanjutkan? Berhenti saja! Lebih baik anda memperdalam ilmu-ilmu ekonomi atau ilmu-ilmu menejemen yang bisa membantu anda menggapai impian anda untuk menjadi seorang pengusaha roti, betul?! Ingat, setiap waktu itu sangat berharga, jangan sampai ada yang terbuang sia-sia untuk melakukan hal-hal yang tidak mendukung anda menggapai impian dan cita-cita. Ok!!
  • U = Usaha dengan optimal. Kayaknya ga dijelasin juga dah pada ngerti deh kalo untuk mewujudkan cita-cita diperlukan usaha yang optimal, yang berarti kita berusaha dengan keras dan cerdas (dengan cara yang baik, benar, dan jitu!). Seperti kata om Alva Edison, sukses itu 99% usaha keras dan 1% kecerdasan. Ingat juga perkataan Imam Al-Ghazali, lamunan (mimpi) tanpa perjuangan (usaha mewujudkannya), adalah harta kekayaan orang bodoh! Jadi, kunci untuk mewujudkan mimpi, dan menggapai cita-cita adalah dengan melakukan hal-hal yang mendukung anda menggapai mimpi dan cita-cita anda secara optimal
  • L = Lembar evaluasi. Lembar evaluas ini penting untuk mengecek sejauh mana usaha telah kita lakukan, apa kendalanya, dimana letak kesalahannya, apa tindak lanjutnya, apa solusi dari masalah yang terjadi, apakah terget waktu dapat tercapai? Dll. Oia, lembar dapat berupa buku catatan, selembar kertas, ataupun seperti buku harian, terserah anda, yang penting bisa digunakan untuk mengevaluasi langkah-langkah yang telah anda lakukan.

Ok!!, itu dia yang saya maksud dengan GAUL, insya Allah, jika diterapkan dengan baik, kita semua bisa mewujudkan mimpi, impian dan cita-cita kita. Oia, dan jangan lupa pula untuk berdoa kepada Allah SWT., karena, meskipun seluruh dunia bersatu untuk menggagalkan usaha anda, namun jika Dia menghendaki anda untuk berhasil, maka anda akan berhasil!

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya sendiri juga buat anda, karena saya sendiri sedang berusaha untuk mewujudkan mimpi saya untuk lulus spmb, dan diterima di salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia, hehehe... Semoga sukses!!!

Note: GAUL ini saya dapatkan dari mentor saya, A’andri, yang disampaikan dalam mentoring, rabu 16-01-2008. dan tulisan ini ditujukan untung sharing saja... Hehehe..!! thaks ya A’ atas info GAULnya!

2 komentar:

  1. Artikelnya disunting ya ama saya... hehehe...

    BalasHapus
  2. boz 9 mu tanya mgkn jauh banget dari tulisan yang lo buat


    9 tanya seputar blog spot :

    1. biar tulisan kita terpublish d google caranya gmn?

    2. ada settingan khusus ga ya....?


    please blz comment (pertanyaan) 9 yaaaaa...



    rayalfaruqi@yahoo.com

    BalasHapus